Contoh Proposal Kewirausahaan : Aplikasi Jasa Rental Kamera
PROPOSAL BISNIS
UJIAN AKHIR SEMESTER MATA
KULIAH KEWIRAUSAHAAN LINTAS PRODI
BERBASIS
STARTUP
Aplikasi Jasa Rental Kamera
SI CAREN (Camera Rental)
Kelompok:
Rian Wahyu Pratama Putra – Teknik Komputer (170204015)
Muh. Hatami – Teknik Informatika (170202059)
Amanda Aulia – Farmasi (180301002)
Emi Safitri – Pendidikan
Ekonomi (180110015)
M. Ali sodikin – Bahasa Inggris (170114008)
Pusat Inovasi
dan Inkubator Bisnis
Universitas
Hamzanwadi
Tahun 2021
LEMBAR PENGESAHAN
UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN LINTAS
PRODI BERBASIS START-UP
Judul
Bisnis : Aplikasi Jasa Rental Kamera
Si Caren (Camera
Rental)
Ketua
Kelompok :
a) Nama : Rian Wahyu Pratama Putra
b) NPM : 170204015
c) Fakultas : Teknik
d) Program Studi : Teknik Komputer
e) Nomor HP : 081915764618
f) Alamat Surel (e-mail) : rianw350@gmail.com
Anggota
Kelompok (1) :
a) Nama : Emi Safitri
b) NPM : 180110015
c) Fakultas : Ilmu Sosial dan Ekonomi
d) Program Studi : Ekonomi
e) Nomor HP : 081917809449
f) Alamat Surel(e-mail) : ukhtiyemhiy.20@gmail.com
Anggota
Kelompok (2) :
a) Nama : Amanda Aulia
b) NPM : 180301002
c) Fakultas : Kesehatan
d) Program Studi : Farmasi
e) Nomor HP : 081775092054
f) Alamat Surel (e-mail) : amandaaulia051@gmail.com
a) Nama: Muh. Hatami
b) NPM : 170202059
c) Fakultas : Teknik
d) Program Studi : Teknik Informatika
e) Nomor HP : 082330720090
f) Alamat Surel (e-mail) : muhhatami483@gmail.com
Anggota
Kelompok (4) :
a) Nama : M Ali Sodikin
b) NPM : 170114008
c) Fakultas : Pendidikan
d) Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
e) Nomor HP : 087865927601
f) Alamat Surel (e-mail) : alisdkn469@gmail.com
Selong , 25 Januari 2021
Menyetujui Dosen Mentor, (RohaeniyahZain
, SE.M,Pd) NIIDN :
0823018101 |
Ketua Kelompok, (Rian
Wahyu Pratama Putra) NPM :
170202015 |
|
|
DAFTAR ISI
Cover…………………………………………………………………………………………..1
Lembar Pengesahan……………………………………………………………………………2
Daftar Isi………………………………………………………………………………………4
BAB I: Pendahuluan……………………………………………………………………….…6
·
1.1 Latar
Belakang……………………………………………………………………6
·
1.2 Manfaat yang
didapatkan………………………………………………………….7
·
1.3 Tujuan dan
Sasaran……………………………………………………………..…8
·
1.4 Uraian
Teknis………………………………………………………………….......8
BAB II:Rincian Bahasan Produk……………………………………………………………10
·
2.1 Analisis
Produk atau Invensi…………………………………………………….10
·
2.2 Kegunaan……………………………………………………………………….11
·
2.3 Keunggulan
Aplikasi……………………………………………………………11
BAB III : Analisis Pasar……………………………………………………………………12
·
3.1 Deskripsi
Kebutuhan Konsumen………………………………………………12
·
3.2 Market
Size………………………………………………………………………13
·
3.3 Deskripsi
Target Konsumen……………………………………………………13
BAB IV : Rincian Keuangan…………………………………………………………………14
·
4.1 Rencana Aksi……………………………………………………………………14
·
4.2 RAB (Rencana
Anggaran Biaya)………………………………………………14
·
4.3 Rincian Keuangan………………………………………………………………15
·
4.4 Laporan Laba/Rugi………………………………………………………………17
·
4.5 Laporan
Perubahan
Modal……………………………………………………19
Lampiran – lampiran…………………………………………………………………………20
·
Business
Model Canvas (BMC)………………………………………….…20
·
Logo
Aplikasi………………………………………………………………………21
·
Foto atau Desain
Aplikasi……………………………………………………………21
BAB I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Maraknya
perkembangan teknologi pada era digital ini membuat para pengguna teknologi
berlomba-lomba dalam mengikuti perkembangan yang semakin pesat. Baik dalam
lingkup teknologimesin,informasi,seni, ilmu pengetahuan dan lain-lain. Dalam
lingkup seni misalnya, seni rupa seperti fotografi merupakan salah satu bentuk
kemajuan teknologi yang tengah digandrungi oleh pengamat seni zaman ini.
Penggunaan internet yang kini tengah berkembangpesat, menjadi tolak ukur bisnis
yang amat sangat menarik perhatian para pebisnis. Tak lagi berpatokan pada
penggunaan bisnis dengan sistem tradisional karena adanya fenomena internet
yang mulai merajai teknologi.Cepat, mudah dan efisien menjadi kelebihan dari
bisnis ini.
Hal tersebut juga menjadi salah satu bukti
terbentuknya budaya serba cepat dalam sistem budaya manusia . Dari
kecenderungan ini yang kemudian kami baca sebagai peluang usaha.
Pemanfaatan teknologi saat ini sudah sangat meluas dalam sistem kehidupan
masyarakat.Mulai dari aspek ekonomi, social maupun budaya.
Untuk menjalani seni fotografi, tentu dibutuhkan
kamera sebagai pemeran utama dalam kegiatan tersebut. Namun tak semua orang
yang memiliki minat dalam seni fotografi mempunyai alat pendukung yaitu kamera.
Dan hanya mengandalkan kamera dari telepon seluler mereka yang biasanya
memiliki hasil foto yang tidak terlalu jelas dan jernih. Bukan hanya pengamat
dan peminat seni fotografi, orang-orang awam yang ingin mengabadikan momen
tertentu juga sangat membutuhkan kamera dengan hasil foto yang bagus.
Banyaknya orang yang ingin memenuhi
kebutuhannya akan fotografi membuat beberapa penjualan bisnis memulai pengadaan
jasa peminjaman kamera dengan kata lain kegiatan rental kamera. Kegiatan bisnis
ini sangat membantu bagi para konsumen
guna memenuhi keinginannya. Baik untuk memotret, mengabadikan momen (seperti
acara wisuda,kelulusan, pernikahan, dan event-event lainnya).
Kebanyakan jasa penyedia rental kamera hanya berbisnis
secara offline, dengan kata lain masih berbisnis dengan cara tradisional atau manual.
Hal tersebut tentu akan sangat menyulitkan bagi konsumen karena kurangnya
promosi yang berkesinambungan dengan kurangnya informasi terkait dengan tempat
penyedia jasa rental kamera. Wilayah yang dicakup kan pun lebih pendek atau kecil.
Dan juga, belum tentu kamera atau aksesoris kamera yang diinginkan oleh
konsumen bisa didapatkan pada jasa penyedia rental kamera yang sudah ditemukan.Terkadang
akses yang tidak jelas menyebabkan mis-komunikasi antar penjual dan pembeli yang
merugikan baik pembeli ataupun penyedia jasa rental kamera tersebut.
Dari penjabaran diatas, kami dari kelompok 14 membuat
sebuah inovasi terbaru yang sangat memudahkan para konsumen rental kamera,
terlebih pada masa pandemic seperti saat ini. Aplikasi SI CAREN (Camera
Rental) merupakan inovasi bisnis penyedia jasa rental kamera yang kami perkenalkan.
Aplikasi SI CAREN dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap yang
memudahkan para konsumen untuk memesan, memilih dan bertransaksi dengan kami.
Aplikasi kami memiliki wilayah pemesanan penggunaan jasa yang lebih luas dari
pelayanan penyedia rental kamera offline. Pelayanan pemesanan 24 jam yang kami
tawarkan tentu akan menguntungkan bagi konsumen. Pilihan kamera dan aksesoris yang
bervariasi dan juga transaksi yang terpercaya. Ditambah lagi fitur kurir dari
pihak kami sendiri guna memudahkan konsumen untuk mendapatkan kamera yang
diinginkan tanpa harus lelah mencari tempat rental kamera.
bisnis aplikasi
ini akan sangat menguntungkan baik dari pihak penyedia jasa dan juga konsumen.
Namun tetap mengutamakan kenyamanan calon konsumen (pengguna aplikasi jasa
rental kamera) dengan inovasi baru tanpa melupakan keuntungan bagi penyedia
jasa ini.
1.2 Manfaat yang didapatkan
Manfaat yang akan didapatkan dari aplikasi kami ini ialah
kemudahan dalam pencarian rental kamera serta kemudahan penggunaan jasa rental
dengan aplikasi di wilayah Lombok khususnya Lombok Timur. Selain itu, manfaat
bagi kami penyedia jasa ialah keuntungan yang didapatkan dari aplikasi kami.
Terlebih tidak adanya mitra kerja dapat memaksimalkan penghasilan dari aplikasi
yang kami buat.Manfaat yang terakhiradalah kami bisa lulus dari mata kuliah
kewirausahaan dengan nilai yang memuaskan.
1.3 Tujuan dan Sasaran
Adapun
tujuan dari ide bisnis kami ini, antara lain :
1. Menerapkan teori
kewirausahaan ke dalam praktek
2. Melatih mahasiswa
menjadi seorang wirausahawan yang sukses
3. Menerapkan materi kejuruan
ke dalam praktek dunia usaha
4. Memperoleh
keuntungan.
Dan sasaran kegiatan yang ingin kami
capai adalah aplikasi kami ini tidak hanya digunakan oleh seluruh peminat seni
fotografi yang sekiranya membutuhkan rental kamera dengan cepat serta harga
yang terjangkau. Dan kami (pihak penyedia jasa aplikasi) tidak hanya membuat
aplikasinya saja namun juga menjalankan bisnis rental itu sendiri. agar
keuntungan yang bisa kami dapat lebih besar dan
menguntungkan bagi kami.
Kami mengharapkan dengan adanya proposal
ini kami bisa diberikan bantuan dana oleh kampus untuk menjalankan ide bisnis
kami ini karena tanpa bantuan kampus ide kami hanya sebuah angan-angan yang
masih belum jelas kapan bisa berjalan. Dengan bantuan kampus kami bisa membeli
segala kebutuhan produksi sampai bisnis kami ini bisa berjalan dengan sukses.
1.4 Uraian Teknis
Produk
kami nantinya berupa sebuah aplikasi yang digunakan di smartphone
android dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Berjalan secara online
dan tentu saja akan kami unggah ke playstore agar dapat digunakan oleh banyak
orang.
Pemasarannya
tentu saja kepada semua kalangan masyarakat . Mulai dari anak remaja sampai
dewasa banyak yang menyukai atau sering merental kamera, mulai dari kebutuhan
acara kantor, pernikahan, komunitas atau bahkan kegiatan-kegiatan tertentu yang
sekiranya membutuhkan jas rental kamera .
Untuk
pembiayaannya sendiri , kami akan
menggalang dana dari semua anggota dan dengan proposal ini kami tentu saja
meminta bantuan dana ke kampus untuk menjalankan ide bisnis kami ini. Karena
dana yang kami butuhkan lumayan besar. Jadi tanpa bantuan dana dari kampus ide
kami tidak akan berjalan. Karena nantinya kami membutuhkan dana pembelian hosting
dan domain web. Sekaligus akun google play store sebagai tempat mempublikasikan
aplikasi kami.
Inovasi
yang kami buat disini adalah pelanggan akan memilih jasa rental kamera yang cepat,
mudah serta sesuai dengan keinginannya dan yang terdekat dari lokasi alamat
tinggalnya. Agar biaya rental tidak
terlalu mahal dan proses pengiriman bisa dipercepat (jika berada di luar wilayah Lombok Timur). Untuk
proses pemesanan setiap pelanggan akan ditanyakan Nomor Induk Kependudukan
(baik dari KTP atau KK) sebagai jaminan kepada penyedia jasa, agar tidak
terjadinya penipuan dan untuk memudahkan pelanggan kami
menyediakan metode pembayaran dengan sistem COD (Cash On Delivery) , transfer ATM ataupun langsung menuju tempat rental yang sudah kami
persiapkan .
Pada
aplikasi ini nantinya pelanggan yang ingin merental
kamera hanya perlu memilih jenis kamera yang
ingin di rental dan memilih aksesoris kamera pendukungnya
yang sudah kami siapkan . Serta memilih waktu sekiranya
berapa lama pelanggan tersebut akan merental kamera dari aplikasi kami.
BAB II
Rincian Bahasan Produk
2.1 Analisis Produk atau Invensi
Produk kami merupakan produk
berbentuk aplikasi yang dimana bekerja dengan memanfaatkan rental kamera
sebagai dasar bisnis aplikasi. Aplikasi ini kami beri nama SI CAREN. Si Caren
merupakan singkatan dari Camera Rental dengan imbuhan kata Si sebagai penanda
bahwa kami juga menyediakan jasa rental kamera bukan hanya membuat aplikasinya.
Aplikasi
ini nantinya akan berguna bagi orang yang ingin merental kamera dengan cara yang efisien , cepat dan terpercaya .
Kemudahan yang didapatkan dari aplikasi kami ini ialah dikarenakan penggunaan
aplikasi dilengkapi fitur-fitur tambahan yang menunjang kemudahan dalam proses rental
kamera oleh pelanggan.
Jadi
konsumen yang ingin merental kamera hanya
tinggal menggunakan aplikasi ini saja serta memilih
jenis kamerabeserta aksesorisnya sekaligus dalam satu aplikasi .Sistem pembayarannya bervariasi bisa transfer melalui ATM,
COD (Cash on Delivery) atau cash dengan
datang ke tempat perentalan kamera secara langsung. Jika konsumen berada di
luar wilayah Lombok Timur, kami menyediakan fitur kurir dengan pembayaran COD
dan cash untuk pelanggan yang menggunakan jasa aplikasi kami.
Aplikasi jasa rental kamera yang kami tawarkan memiliki kreatifitas dan kualitas tinggi. Memiliki pilihan kamera serta aksesoris yang bervariasi dan akan
didapatkan dengan cepat serta mudah, tentunya dengan harga yang terjangkau bagi
pelanggan.
Alat yang
kami sediakan, antara lain:
1.
Kamera
2.
Lensa
3.
Memori kamera
4.
Tripod
5. Lighting
2.2
Kegunaan
Kegunaan
aplikasi kami ini tentu saja sebagai platform pemesanan rental kamera sekaligus
aksesorisnya secara online menggunakan smartphone yang memberikan kemudahan
pelanggan dalam merental kamera yang ingin disablon sesuai dengan keinginan.
Dan dengan menggunakan aplikasi kami ini pelanggan bisa memilih kamera, aksesoris kamera serta lama waktu
peminjaman kamera dengan sangat mudah dan efisien.
Jadi
pelanggan tanpa harus keluar rumah dan
lelah mencari tempat rental kamera pelanggan sudah bisa
mendapatkan tempat rental kamera dengan mudah dan
langsung memesan tanpa khawatir tidak adanya kamera serta aksesoris kamera
sesuai keinginan pelanggan.
2.3 Keunggulan Aplikasi
Adapun keunggulan dari aplikasi kami,antara lain:
Ø Mempermudah pelanggan dalam mencari jasa rental kamera
Ø
Lebih efisien
Ø
Mudah digunakan
Ø
Harga terjangkau
Ø
Pilihan bervariasi baik aksesoris
ataupun kamera
Ø
Pelayanan 24 jam
Ø
Sistem pembayaran yang beragam
Ø
Terjamin dan terpercaya
Ø
Menguntungkan kedua belah pihak
Ø Merupakan aplikasi rental kamera pertama di pulau Lombok
BAB III
Analisis Pasar
3.1 Deskripsi Kebutuhan Konsumen
Dari survei
yang kami dapatkan lebih dari 85% orang meminati jasa rental kamera tapi banyak dari mereka terkendala karena tidak tau tempat merental kamera, serta harus bertemu terlebih dahulu dengan penyedia jasa rental kamera. Adanya pandemi yang mengakibatkan konsumen semakin kesulitan dalam mencari jasa tersebut.
Kekhawatiran dan kesulitan tersebut membuat kami mengeluarkan sebuah ide
bisnis yang sekiranya dapat meminimalisir kekhawatiran serta kesulitan konsumen
ketika ingin mencari jasa rental kamera. Aplikasi kami sudah cukup untuk
menjawab keresahan pengguna jasa rental kamera.
Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa, kebutuhan konsumen akan
aplikasi yang kami inovasi kansangatlahtinggi. Hal tersebut dapat memungkinkan
aplikasi ini berkembang dengan pesat. Ditambah lagi dengan fakta bahwa aplikasi
ini merupakan aplikasi platform pertama untuk jasa sablon di pulau Lombok.
Jika menelisik dari masalah-masalah yang telah dijabarkan pada latar belakang,
platform online untuk jasa rental kamera yang ada di Lombok memiliki sedikit
peminat dikarenakan ketidak aturan pada informasi serta keterjaminan nya. Hal
tersebut pula yang memotivasi kami untuk membuat aplikasi platform online untuk
jasa rental kamera yang kini tengah sangat digandrungi.
Ketersediaan kamera yang jelas besertaaksesorisnya, kemudahan dalam
memesan jasa dan juga keterjaminan pada aplikasi kami menjadi nilai plus yang
harusnya kami dapatkan ketika sudah mulai menjalankan aplikasi online ini.
3.2 Market Size
Platform
online yang menyediakan jasa rental kamera yang nantinya ditujukan untuk semua
kalangan ataupun komunitas yang tengah membutuhkan atau ingin . Maka kami
dapat mengidentifikasi seberapa banyak kalangan di area yang ingin disasar.
Dari beberapa jumlah peminat dari berbagai kalangan baik remaja sampai dengan
para komunitas tersebut berapa akan disurvei lagi berapa banyak yang ingin
merental kamera dan pastinya sudah menggunakan smartphone.
Estimasi pasarnya akan cenderung lebih sedikit, namun karena cakupan nya dibatasi. Asumsinya ketika startup di fase pertumbuhan, mereka akan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan ekspansi ke provinsi dan kota lain.
3.3 Deskripsi Target Konsumen
Adapun beberapa
jenis konsumen yang sudah kami targetkan pasti menggunakan aplikasi kami ini
untuk kebutuhan rental kamera,
diantaranya :
Ø
Event wisuda
Ø
Event kelulusan
Ø
Komunitas – komunitas
Ø Traveller
Ø
Olshop
Ø Vlogger
BAB IV
RINCIAN KEUANGAN
4.1 Rencana Aksi
No |
Uraian Kegiatan |
Bulan 1 |
Bulan 2 |
Bulan 3 |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Observasi Kebutuhan
pasar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pembuatan Website |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pembuatan Aplikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Uji coba aplikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Pengungahan ke Play
Store |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Promosi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
RAB (Rincian Anggaran Biaya)
Berikut adalah Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang merupakan
penjabaran terperinci dari semua biaya sesuai dengan Action Plan diatas .
No. |
Kegiatan |
Volume |
Harga Satuan |
Jumlah Biaya |
Sub Jumlah Biaya Kegiatan |
||
1 |
Produksi |
Rp. 15.260.000 |
|||||
|
A. |
Kamera DSRL |
3 |
Rp. 2.500.000 |
Rp. 7.500.000 |
|
|
|
B. |
Flash Eksternal |
3 |
Rp. 700.000 |
Rp. 2.100.000 |
|
|
|
C. |
Lensa Tele |
2 |
Rp. 1.500.000 |
Rp. 3.000.000 |
|
|
|
D. |
Lensa Fix |
2 |
Rp. 700.000 |
Rp. 1.400.000 |
|
|
|
E. |
Memori 16 GB |
2 |
Rp. 80.000 |
Rp. 160.000 |
|
|
|
F. |
Memori 32 GB |
2 |
Rp.150.000 |
Rp. 300.000 |
|
|
|
G. |
Tripod |
3 |
Rp. 200.000 |
Rp. 600.000 |
|
|
|
H. |
Lain-lain |
2 |
Rp. 100.000 |
Rp. 200.000 |
|
|
2 |
Promosi |
Rp 450.000 |
|||||
|
A. |
Pamflet |
50 |
Rp. 1000 |
Rp. 50.000 |
|
|
|
B. |
Iklan media online |
perbulan |
Rp. 10.000 |
Rp. 300.000 |
|
|
|
C. |
Lain-lain |
|
|
Rp. 100.000 |
|
4.3
Rincian Keuangan
Dalam
pelaksanaan usaha ini kami memberikan rincian pendanaan yang akan digunakan dari
proses persiapan hingga proses pelaksanaan, penjabaran adalah sebagai berikut
sebagai berikut :
1.
Proyeksi
investasi yang diperlukan
NamaBarang |
HargaSatuan |
Jumlah |
Total |
Kameradsrl |
Rp
2.500.000.00 |
3 |
Rp
7.500.000.00 |
Tripod |
Rp 200.000.00 |
3 |
Rp 600.000.00 |
Flash Ekternal |
Rp 700.000.00 |
3 |
Rp
2.100.000.00 |
Memori 32 |
Rp 150.000.00 |
2 |
Rp 300.000.00 |
Memori 16 |
Rp 80.000.00 |
2 |
Rp 160.000.00 |
Lensa Tele |
Rp
1.500.000.00 |
2 |
Rp
3.000.000.00 |
Lensa Fix |
Rp 700.000.00 |
2 |
Rp
1.400.000.00 |
Jumlah Total Kebutuhan modal/investasi |
Rp 15.060.000.00 |
2.
Proyeksi
Pendapatan
No |
NamaBarang |
Target sewa |
Hargasewaperhari |
pendapatan |
|||
Perbulan |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
||||
1 |
Kameradenganlensa
standard + memori 16 |
5 hari |
Rp 80.000 |
Rp 400.000 |
Rp 4.800.000 |
Rp 9.600.000 |
Rp 14.400.000 |
2 |
Kameradenganlensa
fix + memori 16 |
5 hari |
Rp 120.000 |
Rp 600.000 |
Rp 7.200.000 |
Rp
14.400.000 |
Rp 21.600.000 |
3 |
Flash
eksternal |
5 hari |
Rp 50.000 |
Rp 250.000 |
Rp 3.000.000 |
Rp
6.000.000 |
Rp 9.000.000 |
4 |
Memori 32 |
5 hari |
Rp 10.000 |
Rp 50.000 |
Rp 600.000 |
Rp 1.200.000 |
Rp 1.800.000 |
6 |
Lensa |
5 hari |
Rp 50.000 |
Rp 250.000 |
Rp 3.000.000 |
Rp
6.000.000 |
Rp 9.000.000 |
Jumlah |
Rp 1.550.000 |
Rp 18.600.000 |
Rp 37.200.000 |
Rp 55.800.000 |
3.
Rekapitulasi
Dana
No |
Keterangan |
Jumlah ( Rp ) |
1 |
Biayainvestasi |
Rp 15.060.000 |
2 |
Biayapromosi |
Rp 450.000 |
3 |
Dana
takterduga |
Rp 450.000 |
Total
biaya |
Rp 15.960.000 |
4. Harga
Pokok Produksi
Biaya bahan baku : Rp. 2.000.000
BiayaTenaga Kerja Langsung : Rp. 2.000.000
Biaya overhead : Rp. 500.000
Harga Pokok Produk : Rp. 4.500.000
5. Harga
Jual
Dengan metode Markup Price
Harga Jual = Bahan Baku Modal + (Bahan Baku Modal x Markup)
Maka:
Harga Jual= Rp. 2.000.000 + (Rp. 2.000.000 x 20%)
Harga Jual= Rp. 3.000.000
6.
BEP (Break
Even Point)
Diketahui :
Total biaya tetap = 15.960.000
Biaya variabel per-
unit = 50.000
Harga jual per unit = 80.000
Keuntungan yang di inginkan =
18.600.000
Maka :
Break evenpoint =15.960.000
: (margin kontribusi)
Break evenpoint =15.960.000:
(80.000 –50.000)
Break evenpoint =15.960.000
: 30.000
Break evenpoint =532 Unit
Kesimpulan :
Dari perhitungan BEP diatas dapat
kami simpulkan bahwa perusahaan
kami harus menyewakan532
unit kamera dalam 1 tahun atau 44
unit dalam 1 bulan, agar bisnis kami tidak mengalami kerugian,
tetapi jika hanya menjual 532
unit perusahaan juga tidak akan memperoleh keuntungan.
4.4
Laporan Laba/Rugi
1.
Periode
satu
bulan
PendapatanJasa Rp
1.550.000.00
Jumalahpendapatan Rp
1.550.000.00
BebanUsaha :
Beban gaji Rp
300.000.00
Beban iklan Rp 25.000.00
Beban telepon Rp
10.000.00
Beban perlengkapan kantor Rp
200.000.00
Beban penyusutan perlengkapan kantor Rp 100.000.00
Beban sewa Rp 50.000.00
Beban perjalanan Rp 75.000.00
Beban lain-lain Rp -
Jumlah
beban
usaha ( Rp
760.000.00 )
2.
Periode
satu
tahun
Pendapatan Jasa Rp
18.600.000.00
Jumalah
pendapatan Rp
18.600.000.00
Beban Usaha
:
Beban gaji Rp
3.600.000.00
Beban iklan Rp 300.000.00
Beban telepon Rp
120.000.00
Beban perlengkapan kantor Rp
2.400.000.00
Beban penyusutan perlengkapan kantor Rp 1.200.000.00
Beban sewa Rp 600.000.00
Beban perjalanan Rp 900.000.00
Laba bersih Rp 9.450.000.00
3.
Periode
dua
tahun
Pendapatan Jasa Rp
37.200.000.00
Jumlah
pendapatan Rp37.200.000.00
Beban
Usaha
:
Beban gaji Rp
7.200.000.00
Beban iklan Rp 600.000.00
Beban telepon Rp 240.000.00
Beban perlengkapan kantor Rp
4.800.000.00
Beban penyusutan perlengkapan kantor Rp 2.400.000.00
Beban sewa Rp 1.200.000.00
Beban perjalanan Rp 1.800.000.00
Laba
bersih Rp 18.960.000.00
4.
Peroide
tiga
tahun.
Pendapatan Jasa Rp
55.800.000.00
Jumlah
pendapatan Rp
55.800.000.00
Beban Usaha
:
Beban gaji Rp
10.800.000.00
Beban iklan Rp 900.000.00
Beban telepon Rp 360.000.00
Beban perlengkapan kantor Rp 7.200.000.00
Beban penyusutan perlengkapan kantor Rp
3.600.000.00
Beban sewa Rp 1.800.000.00
Beban perjalanan Rp 2.700.000.00
Laba bersih Rp 28.400.000.00
4.5
Laporan Perubahan Modal
|
Satubulan |
Tahun
1 |
Tahun
2 |
Tahun
3 |
Modal awal |
Rp 15.060.000.00 |
Rp 15.060.000.00 |
Rp 15.060.000.00 |
Rp 15.060.000.00 |
Laba bersih setelah pajak |
Rp790.000.00 |
Rp 9.450.000.00 |
Rp 18.960.000.00 |
Rp28.400.000.00 |
|
Rp 15.850.000.00 |
Rp24.510.000.00 |
Rp 34.020.000.00 |
Rp 43.460.000.00 |
Prive |
( Rp1.000.000.00 ) |
( Rp 1.000.000.00 ) |
(Rp 1.000.000.00 ) |
( Rp 1.000.000.00 ) |
Modal
akhir |
Rp
14.850.000.00 |
Rp23.510.000.00 |
Rp33.020.000.00 |
Rp42.460.000.00 |
Lampiran – Lampiran :
· Business Model
Canvas (BMC)
·
Logo Aplikasi
·
Komentar
Posting Komentar